Kondenser Pendingin Udara (Air Cooled Condenser)



Kondenser adalah sebuah penukar kalor yang berfungsi untuk merubah fasa dari fasa gas ke fasa cair. Pemilihan kondenser adalah salah satu hal penting pada saat merancang unit AC atau kulkas. Refrigeran masuk ke kondenser dengan kondisi superheated gas. Kemudian di kondenser, refrigeran membuang kalornya sehingga berkondensasi menjadi cair atau bahkan subcooled. Pada saat perubahan terjadi fasa ini temperatur refrigeran tetap (kalor laten).
Berdasarkan fluid eksternal yang digunakan, kondenser dapat dikelompokan menjadi:
1.       Kondenser pendingin udara (air cooled condenser)
2.       Kondenser pendingin air (water cooled condenser)
3.       Kondenser evaporative (evaporative condenser)

Kondenser pendingin udara

Seperti namanya kondenser menggunakan udara sebagai media pertukaran kalor. Pada unit refrigerasi, kalor dari refrigeran dibuang ke udara. Jenis kondenser ini dapat merupakan tipe konveksi alami atau konveksi paksa. Untuk konveksi alami, aliran udara yang menangkap kalor dari refrigeran disebabkan oleh gaya buoyancy (archimides) dari udara tersebut. Udara yang berada didekat kondenser akan menjadi lebih panas dari pada yang jauh. Hal ini menyebabkan kerapatan udara yang berada didekat kondenser lebih panas. Secara alami udara yang panas memiliki kerapatan yang lebih rendah dari pada udara yang dingin. Oleh karenanya udara ini bergeraka naik. Rauang kosong yang ditinggalkan udara ini diisi dengang udara yang lebih dingin.



Kondenser Konveksi alami

Refrigeran masuk ke kondenser kemudian melepas kalor ke udara disekitar kondenser. Untuk memperbesar luas permukaan perpndahan panas, pipa kondenser biasanya ditempelkan ke dinding kulkas atau pipa kondenser dilengkapi dengan kawat lurus penghantar panas (seperti pada gambar). Karena laju perindahan panas yang kecil maka biasanya tipe ini digunakan untuk keperluan-keperluan kecil seperti freezer atau kulkas.

Untuk tipe konveksi paksa (forced convection), aliran udara yang bertukar kalor dengan refrigerant pada kondenser digerakan oleh fan atau blower. Kondenser tipe ini biasanya dilengkapi dengan sirip-sirip (fin) bidang datar untuk memperbesar luas permukaan perpindahan panas. Udara dialirakan melalui celah-celah sirip ini. Karena laju perpindahan panasnya cukup besar, biasanya tipe ini digunakan untuk AC split atau window. Bahkan ada beberapa manufaktur yang menawarkan chiller dengan kondenser berpendingin udara.



Kondenser Konveksi paksa (forced convection)

1 comment: