Mengapa pada AC terdapat banyak air yang terbentuk?

Oleh: Tri Ayodha Ajiwiguna


Air Conditioner atau AC adalah alat yang digunakan untuk mengkondisikan udara dalam sebuah ruangan/tempat sehingga udara runagan tersebut menjadi lebih nyaman. Pernakah anda perhatikan bahwa pada AC biasanya ada selang khusus untuk mengalir air dari AC (indoor)?Dari mana asal air ini?Apakah air ini bersih?

Berikut pembahasannya:

Udara pada atmosfer bumi terdiri dari berbagai jenis gas, seperti nitrogen, oksigen, argon, termasuk juga uap air. Semakin tinggi kandungan uap air pada udara, maka semakin lembab udara tersebut. Udara sendiri memiliki kemamapuan terbaras dalam hal menampung uap air. Jika udara sudah tidak mampu menampung uap air, maka akan terbentuk embun atau kondensat.
Udara yang bertemperatur lebih tinggi memiliki volume yang lebih besar sehingga dapat menampung udara lebih banyak. Pada saat udara didinginkan maka daya tampung uap airnya pun semakin kecil. Jika terus didinginkan maka udara tersebut akan menjadi jenuh, dimana udara tidak dapat lagi menampung air. Jika udara jenuh ini didinginkan lebih lanjut maka akan terbentuk embun/kondensat. Inilah yang terjadi pada AC.
Udara dalam ruangan juga mengandung uap air. Uap air ini bisa berasal dari luar atau dalam ruangan. Uap air dari luar dapat masuk melalui ventilasi udara atau infiltrasi dari celah-celah yang terdapat pada ruangan. Sedangkan uap air yang dari dalam ruangan dapat berasal dari evaporasi air yang ada dalam ruangan, keringat  nafas dari orang yang berada dalam runagan. Uap air ini akan ditangkap oleh udara ruangan tersebut.

Udara yang mengandung uap air ini dialiran ke evaporator (indoor AC) untuk didinginkan. Udara ini akan jenuh dan membentuk kondesat/embun pada indoor AC. Inilah penjelasan mengapa terjadi air pada AC.
Apakah air ini bersih?

Sebenarnya air yang terbentuk oleh AC ini mungkin bisa dikatakan air murni sehingga aman digunkan. Namun, air ini dapat menjadi kotor jika kondisi kebersihan AC tidak bersih. Dapat dibayangkan udara terus menerus mengalir melalui kisi-kisi evaporator (indoor AC). Udara yang dialirkan ini mengandung pula partikel-partikel debu yang dapat menumpuk pada AC jika jarang dibersihkan. Nah, oleh sebab debu2 ini lah maka sebaiknya air hasil kondesasi AC tidak diminum.


21 comments:

  1. debu tidak najis. kuman tidak dapat hidup dalam air murni. air murni digunakan sebagai air pembersih luka oleh dokter setelah melakukan operasi.

    ReplyDelete
  2. Maaf, maksud saya bukan air murni, tapi air embun.

    ReplyDelete
  3. Dalam udara yg sangat panas di tengah kota air air ac jg tetap deras menetes, jd kandungan uap air di udara panas tetap ada ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak isman. Berapapun suhunya kalo kelembabannya tinggi berarti kandungan uap airnya tinggi pak, ini tipikal daerah tropis. Jakarta misalnya walaupun panas bisa 34 celsius, tapi kelembabannya sekitar 80% lebih.

      Delete
    2. apakah boleh untuk akuarium?

      Delete
  4. Replies
    1. Dimasak sih boleh,
      Diminum yang belum tentu hehehe

      Delete
  5. Ayam pelihaharaan saya sering minum air yg menetes dari ac, padahal sdh saya sediakan air bersih di wadahnya. Mungkin rasa air tetesan dari ac lebih segar di lidah ayam saya, semoga gpp

    ReplyDelete
  6. Katanya bagus untuk kulit muka emang'y benar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah dapat info mengenai ini sebelumnya, mungkin bisa ditanyakan ke orang yang ahli kulit.

      Delete
  7. Tidak ada udara luar yg masuk ke kamar, Krn hanya udara kamar yg diputar putar. Lalu dari mana oksigen diperoleh untuk memenuhi kebutuhan oksigen dalam ruangan?. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk AC split yang biasa digunakan di rumah2 memang kebutuhan udara sering kalo tidak diperhitungkan mas. Jadi kebutuhan udara segar hanya diperoleh dari infiltrasi (seperti celah-celah yang ada). Sepertinya untuk kebutuhan domestik masih bisa dipenuhi dari sini karena jumlah orang yang tidak terlalu banyak dalam ruangan.

      Berbeda dengan AC di gedung komersial seperti Mall, rumah sakit, dan perkantoran yang menggunakan AC sentral atau chiller, kebutuhan udara segar memang diperhitungkan. Mas Ach bisa merujuk ke standar kebutuhan udara segar menggunakan standar ASHRAE. Dalam sistem ini biasanya udara return dan udara segar sesuai kebutuhan dicampur.

      Delete
  8. Kalo u nyiram bunga bisa ga???

    ReplyDelete
  9. Baru aja ibu gw nanya kenapa AC di rumah ngeluarin air 🗿

    ReplyDelete
  10. sangat menjelaskan. kren bro....duniaoberita.com

    ReplyDelete