Pengenalan: Biomassa

Penulis: Tri Ayodha Ajiwiguna
Afiliasi: Rekayasa Instrumentasi dan Energi Universitas Telkom
Email: tri.ayodha@gmail.com

Biomassa adalah bahan organik yang dihasilkan dari makhluk hidup dan biasanya tidak digunakan sebagai makanan. Biomasa ini mengandung energi yang disebut dengan bioenergi. Salah satu jenis bioenergi yang paling umum adalah kayu. Pemanfaatan biomassa sebagai sumber energi sudah dilakukan sejak zaman dahulu, salah satunya untuk memasak dengan menggunakan kayu bakar.

Biomassa termasuk salah satu jenis sumber energi terbarukan karena dapat tersedia kembali dalam waktu yang cukup singkat. Energi yang terkandung di dalam biomassa berasal dari proses fotosintesis yang dibantu oleh sinar matahari. Pada proses ini, klorofil pada tanaman menangkap dan menggunakan energi dari sinar matahari untuk mengubah karbondioksida yang berada di atmosfer dan air yang berada di dalam tanah menjadi karbodidrat, yaitu zat yang mengandung oksigen, karbon, dan hidrogen.  Ketika karbohidrat ini mengalami pembakaran maka terjadi reaksi dari karbohidrat menjadi karbondioksida dan air disertai dengan dihasilkannya energi dalam bentuk kalor. Energi kalor inilah dapat dimanfaatkan dalam berbabgai kebutuhan termasuk untuk pembangkit listrik. 


Gambar 1. Siklus pemanfaatan Biomassa/Bioergi dari tumbuh-tumbuhan

Pembakaran biomassa memang dapat menghasikan gas karbonsioksida yang merupakan gas penyebab efek rumah kaca. Namun, dengan adanya budi-daya pertanian sumber biomassa maka gas karbondioksida ini akan diserap kembali ke tanaman sebagai bahan baku proses fotosintesis. Gambar 1 menunjukkan siklus pemanfaatan biomassa.



Berdasarkan wujudnya, biomassa dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu biomassa padat, biomassa cair. dan biomassa gas (biogas). Biomassa padat dapat dibentuk sebagai briket biomassa yang dapat digunakan sebagai bahan bakar. Biomassa dalam bentuk cair sering diterapkan sebagai bahan bakar pengganti kendaraan yang umumnysa saat ini berasal dari minyak bumi seperti diesel dan bensin. Contoh dari biomassa cair adalah bio-diesel dan bio-ethanol. Sedangkan biogas biasanya didapatkan dari limbah industri maupun kotoran ternak. Dengan dibantu bakteri jenis tertentu maka akan dihasilkan gas berenergi tinggi seperti metana (CH4).

Keyword: Biomassa, Bioenergi, renewable energi, energi terbarukan

No comments:

Post a Comment